Tips Memperbaiki Elektronik Pasca Banjir

Tips Memperbaiki Elektronik Pasca Banjir

Tips Memperbaiki Elektronik Pasca Banjir

Tips Memperbaiki Elektronik Pasca Banjir

Banjir kembali melanda beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Manado dan beberapa wilayah di Jawabarat seperti Bekasi, Purwakarta, Karawang, Subang dan Kab Bandung.

Banjir tidak hanya melumpuhkan aktivitas warga namun juga bisa menimbulkan kerugian besar yang mengakibatkan banyaknya perabotan rumah tangga yang rusak akibat terendam banjir, mulai dari televisi, lemari es, mesin cuci, dan alat elektronik lainnya.

Sebelum Anda memperbaiki alat alat elektronik yang terendam banjir ada baiknya melakukan penyelamatan sederhana dengan beberapa langkah berikut ini (sumber komponenelektronika):

Penyelamatan alat elektronik yang disertai baterai

Cara perbaikan untuk elektronik disertai dengan baterai, seperti UPS, Handphone, Wifone, remote control, dan masih banyak lagi lainnya adalah dengan melepas terlebih dahulu baterai.

Tindakan ini merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan pertama kali setelah alat elektronik terendam banjir. Jangan biarkan baterai terpasang di alat elektronik yang basah untuk menghindari terjadinya arus pendek.

Penyelamatan televisi, monitor komputer dan sejenisnya
Tips Memperbaiki Elektronik Pasca Banjir Untuk langkah penyelamatan televisi, komputer dan yang lainnya diawali dengan membuka casing (penutup) televisi, monitor, DVD, Notebook dan sejenisnya.

Pisahkan terlebih dahulu antara komponen vital (seperti tabung CRT, panel LCD TV/Monitor, Optic DVD/PS, hard disk, keyboard, dan lain-lain) dengan mainboard elektroniknya.

Siram mainboard dengan air bersih atau jika memungkinkan gunakan pengganti air bersih dengan cairan IPA (Isopropyl Alcohol) atau dikenal juga dengan nama Isopropanol.
Cari yang tingkat kemurniannya diatas 80%. Namun tetap berhati-hati, karena IPA sangat mudah terbakar. Jika ragu, gunakan air bersih saja.

Setelah itu, keringkan dengan angin bertekanan tinggi

Penyelamatan kulkas dan mesin cuci
Untuk alat elektronik seperti kulkas dan mesin cuci, terminal kompresornya (motornya) harus dibuka terlebih dahulu, lalu disiram dengan air bersih.

Setelah itu, keringkan dengan angin bertekanan tinggi dari kompresor. Jika ada rangkaian elektronik di bagian bawah dan terkena siraman air, maka lakukan langkah serupa seperti di atas.

Terakhir, biarkan terbuka dan setelah benar benar kering, baru coba dihidupkan kembali.
Keringkan dan keringkan

Biarkan beberapa hari sambil di keringkan terus menggunakan angin bertekanan tinggi, hingga alat elektronik tersebut benar-benar kering.

Yang perlu diperhatikan, langkah-langkah tersebut harus segera dilakukan. Jangan sampai ditunda. Jika air kotor sudah mengendap terlalu lama, maka akan membuat alat elektronik sukar untuk diperbaiki.

Setelah kering, tidak ada salahnya Anda semprot oli, sejenis WD40, untuk melindunginya dari karat.

Semoga langkah langkah diatas berhasil dan barang barang elektronik Anda kembali bisa dipergunakan.

Semoga Tips Memperbaiki Elektronik Pasca Banjir ini bermanfaat

Jika butuh bantuan perbaikan elektronik silakan kontak kami (Khusus Wilayah Kota Bandung)

Call / SMS Centre : 085624210322

Pin BB : 2711A537

Kami Juga Melayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *